Senin, 02 April 2012

Desain Jaringan Berdasarkan Kebutuhan Pelanggan

Jaringan bekerja paling baik jika hal ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Membangun jaringan memerlukan analisis lingkungan dan pemahaman tentang opsi-opsi jaringan. Anda harus wawancara pelanggan, seperti orang lain yang terlibat dalam proyek. Sangat penting untuk memiliki gagasan yang umum tentang hardware dan software yang akan digunakan pada jaringan. Anda harus menanyakan tentang pertumbuhan di masa depan perusahaan dan jaringan.

Setelah menyelesaikan bagian ini, Anda akan memenuhi tujuan ini:

Menentukan topologi.
Menentukan protokol dan aplikasi jaringan.



Ø  Menentukan topologi
Memahami kebutuhan pelanggan dan menentukan tata letak umum jaringan baru yang diperlukan untuk benar menentukan topologi jaringan. Isu-isu penting ini perlu dibicarakan dengan pelanggan:

Kabel dan nirkabel jenis
Upgrade
Nomor dan lokasi pengguna
Jumlah pengguna dan jumlah perkiraan pertumbuhan masa depan menentukan awal fisik dan logis topologi jaringan. Anda harus membuat daftar untuk merekam kebutuhan pelanggan Anda.

Pemeriksaan, yang disebut survei situs, harus dilakukan pada awal proyek. Sebuah survei situs adalah inspeksi fisik dari gedung yang membantu menentukan topologi logis dasar, yang merupakan aliran data dan protokol. Jumlah pengguna dan jumlah perkiraan pertumbuhan masa depan menentukan awal fisik dan logis topologi jaringan. Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

Di mana pengguna akhir-stasiun komputer akan.
Dimana posisi peralatan jaringan seperti switch dan router.
Di mana server akan diposisikan. Ini mungkin di ruangan yang sama sebagai peralatan jaringan, atau bisa di tempat lain. Keputusan sering didasarkan pada ruang yang tersedia, kekuatan, keamanan, dan pendingin udara.
Lantai rencana atau cetak biru ini membantu untuk menentukan tata letak fisik peralatan dan kabel. Jika rencana lantai atau cetak biru yang tidak tersedia, Anda harus membuat gambar di mana perangkat jaringan akan berlokasi, termasuk lokasi ruang server, printer, stasiun ujung dan kabel berjalan. Gambar ini dapat digunakan untuk diskusi ketika pelanggan membuat keputusan akhir tata letak.

Ø  Menentukan protokol dan aplikasi jaringan
Dalam desain jaringan, Anda harus menentukan protokol yang akan digunakan. Beberapa protokol eksklusif dan hanya bekerja pada peralatan tertentu, sementara lainnya protokol standar terbuka dan bekerja pada berbagai peralatan. Gambar 1 menunjukkan rincian berbagai protokol jaringan.

Pertimbangkan Ketika memilih protokol berikut ini:

Suite TCP/IP protokol diperlukan untuk setiap perangkat untuk terhubung ke Internet. Hal ini membuat sebuah protokol yang lebih disukai untuk jaringan.
NetBEUI adalah kecil, cepat protokol yang berguna dalam jaringan keamanan rendah. NetBEUI berkinerja baik dalam jaringan kecil yang tidak terhubung ke Internet. Mudah untuk menginstal dan memerlukan tidak ada konfigurasi. Namun, NetBEUI dapat menyebabkan lalu lintas yang tidak perlu di jaringan besar, sehingga tidak pilihan yang baik jika akan ada jaringan pertumbuhan.
IPX/SPX adalah protokol yang dimiliki oleh versi Novell Netware. Karena pertumbuhan Internet, versi Novell Netware menggunakan TCP/IP bukannya IPX/SPX.
Apple Macintosh jaringan telah meninggalkan protokol AppleTalk untuk suite TCP/IP protokol untuk memastikan konektivitas dengan jaringan TCP/IP lain, terutama Internet.
Ketika stack protokol TCP/IP diaktifkan, protokol lain menjadi tersedia pada port khusus

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management