Senin, 02 April 2012

Mengidentifikasi Potensi Bahaya Keselamatan dan Menerapkan Prosedur Keselamatan yang Tepat Berkaitan dengan Jaringan

Menginstal jaringan kabel, apakah tembaga atau serat optik, dapat berbahaya. Sering kali, kabel harus ditarik melalui langit-langit dan dinding di mana terdapat hambatan dan bahan-bahan yang tak terduga atau beracun. Anda harus mengenakan pakaian yang melindungi Anda dari bahan-bahan ini. Misalnya, mengenakan celana panjang, kemeja lengan panjang, kokoh sepatu yang mencakup kaki Anda, dan sarung tangan. Paling penting, mengenakan kacamata keselamatan. Jika mungkin, meminta bangunan manajemen, atau seseorang yang bertanggung jawab atas bangunan, jika ada bahan-bahan berbahaya atau hambatan yang Anda butuhkan untuk menjadi sadar sebelum memasuki wilayah langit-langit.
Sadar akan isu-isu keselamatan ketika menggunakan tangga:
 
Bacalah label pada tangga dan ikuti semua petunjuk keselamatan yang tertulis di atasnya.
Pernah berdiri di anak tangga atas tangga. Anda bisa dengan mudah kehilangan saldo dan jatuh.
Pastikan bahwa orang-orang di daerah tahu Anda akan bekerja di sana.
Cordon area dengan hati-hati tape atau keselamatan kerucut.
Ketika Anda menggunakan sebuah tangga yang bersandar terhadap dinding, mengikuti petunjuk yang tertulis di tangga, dan memiliki seseorang menahan tangga bagi Anda untuk membantu menjaga tangga mantap.
Alat-alat yang diperlukan untuk menginstal tembaga dan serat optik kabel mungkin berbahaya untuk digunakan. Aturan harus selalu diikuti ketika bekerja dengan kabel:

Pastikan bahwa alat-alat yang Anda gunakan dalam urutan kerja yang baik.
Menonton apa yang Anda lakukan dan mengambil waktu Anda. Pastikan bahwa Anda tidak memotong diri sendiri atau menempatkan siapa pun dalam bahaya.
Selalu mengenakan kacamata keselamatan ketika pemotongan, melucuti atau splicing kabel apapun.Potongan-potongan kecil dapat melukai mata Anda.
Mengenakan sarung tangan bila memungkinkan dan pastikan untuk membuang limbah apapun dengan benar.
Menggunakan akal sehat ketika Anda mengurus masalah. Memanggil orang lain untuk membantu Anda jika Anda memerlukan bantuan.

Setelah menyelesaikan bagian ini, Anda akan memenuhi tujuan ini:

Menjelaskan serat optik keselamatan.
Menjelaskan kabel, pemotong kabel dan kabel pemotongan keselamatan bahaya.



Ø  Menjelaskan serat optik keselamatan
Serat optik berguna untuk komunikasi, tetapi mereka memiliki bahaya tertentu:

Bahan kimia berbahaya
Cahaya yang Anda tidak dapat melihat yang dapat membakar matamu
Alat dengan tepi tajam yang menghasilkan kaca serpihan
Jenis-jenis tertentu dari alat dan bahan kimia yang digunakan ketika bekerja dengan kabel serat optik.Bahan-bahan tersebut harus ditangani dengan aman.
 
Bahan kimia
Pelarut dan perekat yang digunakan dengan serat optik yang berbahaya. Anda harus menanganinya dengan sangat hati-hati. Membaca instruksi dan mengikuti mereka dengan hati-hati. Juga, membaca MSDS yang menyertai bahan kimia untuk tahu bagaimana memperlakukan seseorang dalam keadaan darurat.

Alat
Ketika bekerja dengan perkakas apapun, keselamatan harus selalu menjadi prioritas pertama Anda.Kompromi dalam keselamatan dapat mengakibatkan cedera serius atau bahkan kematian. Alat-alat yang digunakan untuk bekerja dengan serat optik memiliki permukaan pemotongan tajam yang digunakan untuk scribe kaca. Alat-alat lain mencubit kabel dengan tekanan yang tinggi untuk mengikat konektor kepada mereka. Alat-alat ini dapat menghasilkan pecahan kaca yang dapat sempalan dan terbang ke udara. Anda harus menghindari mereka di kulit, mulut, atau mata.

Cahaya berbahaya
Melindungi mata dari cahaya berbahaya yang mungkin dalam helai serat optik. Cahaya adalah warna yang manusia tidak dapat melihat. Ini dapat merusak mata Anda sebelum Anda dapat merasakannya.Bila Anda menggunakan kaca pembesar untuk memeriksa serat optik kabel dan konektor, cahaya yang dipancarkan dari serat bisa diarahkan ke mata Anda. Ketika bekerja dengan serat, pastikan untuk memutus sumber cahaya. Detektor khusus dapat memberitahu Anda jika sebuah serat energi.

Pecahan kaca
Proses memotong dan pemangkasan helai kabel serat optik dapat menghasilkan potongan-potongan kecil dari kaca atau plastik yang dapat menembus mata atau kulit dan menyebabkan iritasi parah. Serat bisa sangat sulit untuk melihat pada kulit Anda karena mereka jelas dan kecil. Ketika bekerja dengan serat optik kabel, permukaan kerja harus tikar gelap sehingga kaca kecil atau pecahan plastik dapat dilihat. Tikar juga harus tahan terhadap limpahan kimiawi.

Anda harus menjaga area kerja bersih dan rapi. Tidak pernah mengambil fragmen serat optik dengan jari-jari Anda. Menggunakan tape untuk mengambil potongan-potongan kecil dan membuang mereka dengan benar. Menggunakan sebuah wadah sekali pakai, seperti sebuah botol plastik dengan tutup sekrup pada, untuk menyimpan serat fragmen. Menutup tutup erat sebelum Anda membuangnya wadah.

PERHATIAN: Mendapatkan pelatihan yang tepat sebelum Anda mencoba untuk memotong, strip, atau mengikat serat optik kabel. Seorang teknisi yang berpengalaman harus mengawasi Anda sampai Anda menjadi cukup terampil.

Ø  Menjelaskan kabel, pemotong kabel dan kabel pemotongan keselamatan bahaya
Semua tingkat teknisi harus tahu bahaya sebelum bekerja dengan jaringan kabel dan peralatan.

PERHATIAN: Ketika penanganan kabel, selalu memakai pelindung mata. Tidak pernah menyentuh ujung jenis kabel dengan telanjang kulit.

Bahaya kabel tembaga
Kabel tembaga juga dapat berbahaya untuk menangani. Ketika Anda memotong kabel tembaga, helai tembaga kecil bisa menusuk kulit Anda atau memotong Anda. Potongan-potongan kecil yang datang setelah memotong kabel


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management